May 24, 2024
green cactus on white table

Foto Wasabi asal jepang

Apakah Wasabi yang Kita Makan Bareng Sushi Asli?

Saat kita menikmati sushi, salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan adalah wasabi. Wasabi adalah pasta hijau yang pedas dan memiliki aroma khas. Namun, apakah wasabi yang kita makan bersama sushi ini benar-benar asli?

Sebenarnya, kebanyakan wasabi yang kita temui di restoran sushi tidaklah asli. Wasabi asli berasal dari tanaman Wasabia japonica yang tumbuh di Jepang. Tanaman ini memiliki daun hijau yang dapat digunakan sebagai bumbu, tetapi yang paling terkenal adalah akarnya. Akar wasabi ini diolah menjadi pasta yang memiliki rasa pedas yang khas.

Namun, karena tanaman wasabi sangat sulit untuk ditanam dan membutuhkan kondisi tumbuh yang spesifik, maka produksi wasabi asli sangat terbatas. Hal ini membuat harga wasabi asli menjadi sangat mahal. Oleh karena itu, banyak restoran sushi menggunakan alternatif lain sebagai pengganti wasabi asli.

Alternatif yang paling umum adalah menggunakan campuran pasta mustard dengan pewarna hijau. Pasta mustard ini memiliki rasa pedas yang mirip dengan wasabi asli, tetapi tidak memiliki aroma khas yang dimiliki oleh wasabi. Pewarna hijau ditambahkan untuk memberikan tampilan yang mirip dengan wasabi asli.

Selain itu, ada juga wasabi buatan yang terbuat dari campuran bubuk wasabi, mustard, dan pewarna hijau. Wasabi buatan ini memiliki rasa yang lebih dekat dengan wasabi asli dibandingkan dengan pasta mustard, namun tetap saja tidak memiliki aroma khas wasabi.

Meskipun wasabi yang kita makan bersama sushi tidaklah asli, rasanya tetap memberikan sensasi pedas yang menyegarkan. Wasabi juga memiliki manfaat kesehatan, seperti membantu melawan bakteri dan meningkatkan pencernaan.

Jadi, meskipun wasabi yang kita makan bersama sushi tidaklah asli, tetaplah menikmatinya dengan segala kenikmatannya. Rasakan sensasi pedasnya yang unik dan nikmati makanan Jepang yang lezat ini.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang wasabi. Selamat menikmati sushi dengan wasabi!

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *